Kagok Edan, Serunya Wisata Bogor

Artikel ini saya tulis dengan perasaan benci dan rindu. Benci, karena semakin banyak orang mengunjungi wisata Bogor, artinya kota ini akan semakin macet. Rindu, karena sudah lama kita tidak bertemu (lah, kok jadi ga nyambung… krik…kriik…kriiik).

Mengunjungi obyek wisata Bogor memang asyik. Dijamin lebih asyik mengunjungi wisata Bogor daripada di rumah saja (ye iyeleh). Terus, mengunjungi wisata Bogor itu kemana aja sih ?.

Sebentar, daftar wisata di Puncak sudah pernah saya kupas di sini : http://poentjakweg.com/wisata-di-puncak/, jadi sekarang kita bahas daftar wisata di Bogor selain Puncak saja ya. Apa sajakah itu ?

Jreng….jreng…

Sebentar. Sabar dulu lah. Tidak semua tempat wisata Bogor saya kupas di sini, karena tidak semuanya, menurut saya, layak dikunjungi oleh keluarga (termasuk anak kecil dan orang lanjut usia). Jadi, tempat wisata yang dibahas di sini adalah tempat wisata mainstream di Bogor yang bisa dinikmati oleh semua anggota keluarga. Apa saja itu ?

Ini nih…

  1. Istana Bogor, Kebun Raya Bogor, Museum Zoologi

istana-bogor-wikipedia-org

Ini tempat wisata three in one. Tiga tempat wisata dalam satu lokasi. Komplit pake banget. Istana Bogor biasanya dibuka untuk umum pada saat peringatan HUT Kota Bogor. Untuk bisa masuk ke dalamnya, kamu harus daftar dulu ke panitia. Pada saat berkunjung ke Istana Bogor, pakaian kamu harus resmi (pakai sepatu, ga boleh pakai celana jeans), ga boleh bawa kamera dan ga bisa ngajak balita. Wisatawan tidak boleh berjalan sendiri, melainkan harus berbaris dalam rombongan disertai pemandu. Di dalam Istana, kamu disuguhi bangunan bergaya khas kolonial. Patung dan lukisan menjadi benda seni yang mudah dijumpai. Istana terdiri atas beberapa ruangan, salah satunya adalah ruangan tempat Presiden Soekarno menonton film menggunakan proyektor. Di sisi lain terdapat benda legendaris khas Istana Bogor, yaitu cermin seribu. Cermin seribu terdiri dari 2 cermin besar yang berhadap-hadapan, sehingga ketika kita berdiri di antara 2 cermin tersebut, bayangan kita akan terlihat banyak sekali (entah berapa banyak, saya sendiri belum pernah menghitungnya, tapi saya ga yakin kalau jumlahnya seribu). Istana yang mulai dibangun oleh Pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1745 dan dibangun kembali pada tahun 1850 ini memiliki luas hampir 1,5 hektar.

Di luar jadwal open house, kamu tidak bisa sembarangan mengunjungi Istana ini kecuali seijin Sekretariat Negara atau kamu adalah anak Presiden, besan, menantu atau apapun yang berembel-embel keluarga Presiden. Jangankan masuk ke dalam, hanya bersandar di gerbangnya saja kamu bakal ditegur oleh petugas. Tapi, ada satu hal yang masih bisa kamu lakukan di luar Istana, yaitu memberi makan rusa Nepal dengan wortel.

Bergeser dari Istana Bogor, kamu akan disuguhi indahnya pemandangan Kebun Raya Bogor yang awalnya merupakan Samida yang dibuat oleh Prabu Siliwangi pada abad ke 15. Sekitar 15.000 aneka ragam pepohonan tumbuh di sini. Sebagian pohon sudah berusia ratusan tahun. Kebun Raya menempati areal seluas 87 hektar. Daripada kaki kamu gempor mengelilingi Kebun Raya, ada baiknya kamu naik kendaraan wisata. Kamu akan diajak berkeliling Kebun Raya ditemani seorang pemandu yang akan menjelaskan seluk beluk Kebun Raya. Mau berkeliling pake sepeda juga bisa. Kamu lapar ? jangan khawatir, di sini banyak penjual nasi uduk. Restoran juga ada. Ada masjid. Ada pula taman Anggrek yang berisi aneka macam tanaman Anggrek. Kamu bisa membeli Anggrek-Anggrek itu. Berhati-hatilah jika kamu berada di bawah pohon tua. Pernah ada kejadian pohon tua ambruk menimpa wisatawan di bawahnya. Agar wisatamu menyenangkan, sedialah payung sebelum hujan. Kalau sudah hujan, berabe. Apalagi kalau hujan disertai angin kencang yang biasa terjadi di Bogor. Ngeri. Hampir tidak ada areal untuk berteduh.

Di sebelah gerbang utama Kebun Raya, kamu bisa mampir ke Museum Zoologi. Beraneka satwa mati yang sudah diawetkan ada di sini. Museum yang didirikan pada tahun 1894 ini memiliki ribuan koleksi mamalia, ikan, burung, reptil, amphibi, moluska, serangga dan invertebrata yang lain. Fosil ikan raksasa yang sangat panjang juga menghiasi salah satu ruangan di museum ini.

  1. The Jungle WaterPark & JungleFest

the-jungle

Di sini harus basah. Siapkan baju renang dan baju ganti. Kalau kamu ga punya baju renang, ya ga pa pa, siapkan saja baju santai yang kamu punya. Ga nyaman kan, kalau main basah-basahan pakai kemeja. Namanya juga The Jungle WaterPark, isinya ya wahana air. Ada air yang memancar dari lantai (fountain) yang bisa buat basah-basahan dan seru-seruan. Ada kolam renang mulai dari kedalaman 20 cm untuk anak-anak. Ada perosotan dengan ketinggian 8 m lurus dan 12 m spiral untuk kamu yang suka tantangan. Ada kolam air hangat bersuhu 40 derajat Celcius yang nyaman. Ada pula kolam renang berombak ala pantai. Seru kan. Tempat ini juga dilengkapi dengan foodcourt. Bagusnya lagi, kamu juga disuguhi pemandangan alam yang indah. Gunung Salak dan Pangrango terlihat tinggi menjulang dari sini.

Tak kalah seru dengan wahana air, kamu juga bisa melihat burung-burung langka seperti merak di Bird Park. Kamu juga bisa menyaksikan film 4D. Selain menonton film bergambar 3D yang mirip dengan figur asli, penonton akan duduk di kursi yang bisa bergerak serta efek semburan air dan bau terbakar yang akan muncul sesuai dengan tayangan film.

Setelah pagi hingga siang hari kamu bermain di The Jungle, tiba saatnya bersantai bersama keluarga di Jungle Festival dari sore hingga malam. Selain menikmati pertunjukan (carnaval, tarian tradisional dll), kamu bisa menikmati wahana permainan yang ada di sini (carrousel, flash tower, bom-bom car, otoped, kicir-kicir, kereta mini dll). Tempat ini akan terlihat cantik di malam hari dengan banyaknya lampu hias.

  1. Jungleland

jungleland

Namanya mirip dengan tempat wisata yang sudah saya tulis sebelumnya (no 2). Wajar saja, lha wong pemiliknya sama. Kalau kamu sudah bosan dengan Dunia Fantasi (Ancol, Jakarta) yang gitu-gitu saja, atau Trans Studio (Bandung) yang sempit, kamu bisa datang ke tempat wisata baru ini. Wahananya komplit (HydroLift, Flight Academy, Texan Train, Water Flume dsb, detailnya bisa kamu cek di http://www.jungleland.co.id). Tempatnya luas dan bikin kaki gempor. Walau terletak di Bogor (tepatnya, Sentul), cuaca di tempat ini cukup panas saudara-saudara.

Di Sentul sebenarnya ada beberapa tempat wisata seperti hutan pinus Gunung Pancar yang biasa didatangi goweser dan tukang foto pre wedding, pemandian air panas, gua dan curug yang indah. Tapi, karena fasiitasnya belum memadai untuk wisata keluarga dan belum dikelola secara profesional, saya enggan menuliskannya.

  1. Kuntum Farm Field & SKI

Kuntum Farm Field berlokasi di Tajur. Tempat ini cocok buat keluarga yang masih punya anak kecil. Kalau anaknya sudah besar, rasanya kurang pas lah. Di sini, anak-anak bisa membeli makanan hewan, lalu memberi makan hewan-hewan jinak seperti sapi, kambing, kelinci, ayam, ikan. Buat anak kecil, seru. Emak-nya bisa memilih-milih bibit tanaman. Bapak-nya, seperti biasa, bisa santai tak berguna dengan memancing.

Sepulang dari sini, kamu bisa berbelanja tas di Tajur. Atau, biar suami dan anak-anak ga bosen nungguin emak-nya lihat-lihat (beli kagak) tas, kamu bisa datang ke SKI. Lokasinya ga jauh dari Tajur. Emak-nya bisa belanja. Anak-nya bisa bermain dengan permainan yang ada. Bapak-nya, seperti biasa, bisa santai tak berguna dengan menikmati kuliner atau sekedar cuci mata.

Cuma itu saja obyek wisata Bogor ? ndak lah. Ada banyak lagi. Taman Buah Mekarsari (tempat kamu bisa beli bibit tanaman dan buah), Highland Park Resort, Cibalung Happyland, kebon duren Warso Farm, Pemandian Air Panas Tirta Sanita, Penangkaran Rusa Giri Jaya, Kampung Budaya Sindangbarang. Tapi, lagi-lagi, wisata yang saya kupas di sini adalah jenis wisata mainstream yang lokasinya mudah dijangkau, harganya terjangkau, ada tempat sholat, kagak kelaperan, toilet bersih dan yang penting, bisa dinikmati bersama keluarga tanpa perlu persiapan khusus. Daripada semua tempat wisata saya tulis, tapi tulisan saya tidak mengupas dengan detail, lalu kamu sudah berdarah-darah sampai di tujuan dan kecewa. Duh. Saya tidak mau dituntut, karena saya bukanlah ilmu yang bisa kamu tuntut #halah.

Komentar dari pengguna Facebook
Bagikan ini ke temanmu :
Foto Profil dari ngakunya admin
About ngakunya admin 18 Articles
admin itu ya admin

Apa komentarmu ?

Tulis di sini

Alamat email akan disembunyikan. Terimakasih.


*