Memperbaiki HP Android Merk LG

LG
Memperbaiki HP Android Merk LG

HP Android merk LG Anda rusak ?. Anda kesel. Panik. Googling. Whooila.. ketemulah artikel ini. Saya tulis artikel tentang cara memperbaiki HP Android merk LG ini sekedar untuk berbagi pengalaman pribadi, bukan iklan (makanya saya hanya akan menyebut merk tanpa menyebut tipe-nya).

Sebelum membahas tentang cara memperbaiki HP Android merk LG, ijinkan saya berbasa-basi dulu. Saya memilih HP merk ini karena 3 alasan. Pertama, fitur-nya komplit (iyalah, Android). Kedua, harganya terjangkau (bandingkan dengan iphone… he.. he..). Ketiga, merk LG tidak se-mainstream Samsung (biar beda sama orang-orang). Jadilah saya beli 2 HP, merk LG semua.

HP pertama tidak ada masalah sampai sekarang (sudah sekitar 3 tahun pemakaian), HP kedua baru dipakai sekitar 2 tahun, malah bermasalah dua kali. Masalah pertama, tetiba beberapa fitur HP tidak berfungsi. HP tidak bisa memutar file multimedia (suara, video). HP tidak bisa melakukan panggilan dan terima telpon, tapi masih bisa SMS, WA dan internet. Aneh. Berhubung service centre terdekat jaraknya cukup jauh dari rumah, maka saya putuskan untuk coba memperbaiki HP Android merk LG ini sendiri. Mulailah browsing. Banyak artikel tentang ini. Saya coba tips-tips yang disarankan. Saya coba restart, tidak berhasil. Saya coba copot baterai-nya sekian menit, tidak berhasil. Saya coba jalankan safe mode (untuk masuk ke safe mode, pencet tombol power, tekan lama “power off”), tidak berhasil. Saya jalankan factory reset (ingat, jangan lupa backup data Anda menggunakan fitur back up di bagian setting – general), tidak berhasil. Ada yang menyarankan flash & update software/firmware menggunakan tools software tertentu, ini tidak saya coba. Mengapa ?. Karena saya harus men-download software dari situs yang saya ragukan sumbernya. Daripada HP saya tambah bermasalah, mending saya cari alternatif lain. Mulailah saya browsing di forum-forum Android luar negeri. Di salah satu forum (saya lupa nama forumnya), ada yang menyarankan untuk flash dan update software langsung dari situs resmi LG. Ah, kenapa saya tidak terpikir hal ini dari awal. Mulailah saya beraksi.

1. Kunjungi situs resmi LG Indonesia di http://www.lg.com/id/dukungan/software-firmware menggunakan komputer

2. Masukkan model HP Anda, klik cari

3. Klik update software

4. Install USB Driver

5. Install LG Mobile Support Tool

6. Hubungkan HP dengan komputer menggunakan kabel data USB

7. Buka software LG Mobile Support Tool. Jalankan start upgrade

8. Tunggu hingga proses selesai 100 %

9. Berhasil

Selama menjalankan proses tersebut, komputer Anda harus terkoneksi dengan internet. Dari pengalaman saya, untuk semua proses tersebut, kuota saya tersedot sekitar 1,3 GB.

Sekian lama setelah HP berjalan normal, tetiba HP bermasalah lagi. Sinyal HP hilang. Waduh. Semua fitur HP berjalan normal kecuali telpon, SMS dan internet. Awalnya saya pikir masalahnya di kartu SIM yang tidak terbaca, tetapi setelah kartu SIM saya ganti, tetap saja masalah itu muncul. Saya cek setting-general-about phone-status, waduh. Nomor IMEI tidak terbaca alias unknown. Hmmm… browsing lagi. Banyak artikel yang menyarankan untuk root HP, lalu menjalankan software tertentu untuk mengembalikan nomor IMEI. Lagi-lagi tips ini tidak saya coba. Alasannya sama, saya harus men-download software dari situs yang saya ragukan sumbernya. Akhirnya, mulailah browsing di forum-forum Android luar negeri (sama, saya lupa nama forumnya). Ada orang India yang menyarankan untuk flash & install ulang HP menggunakan LG Mobile Support Tools. Ah, kenapa ini tidak terpikir dari awal. Saya bersemangat untuk mencoba cara ini. Soalnya software tersebut pernah menyelamatkan HP saya dari masalah pertama di atas. Tapi, masalah berikutnya timbul. Setelah HP di-restart, HP mengalami bootloop. Tiap dinyalakan, hanya berhenti sampai logo LG. Saya beraksi lagi.

1. Buka penutup belakang HP Anda. Lepas baterai. Catat tipe HP dan nomor seri (serial number atau S/N) HP serta nomor IMEI

2. Hubungkan HP dengan komputer menggunakan kabel data USB

3. Masuk ke download mode HP. Caranya pencet tombol power dan volume up di HP secara bersamaan (awas, jangan pencet volume down, karena kalau tombol power dipencet bersamaan dengan volume down, Anda akan masuk ke factory reset)

4. Setelah masuk ke download mode, jalankan LG Mobile Support Tool

5. Klik options. Klik update recovery. Masukkan tipe HP dan nomor seri. Jalankan

6. Tunggu hingga proses selesai 100 %

7. Berhasil

Demikian tips memperbaiki HP Android merk LG dari saya berdasar pengalaman pribadi. Jika masalah Anda berlanjut, silahkan hubungi kantor polisi… ha..ha..

Komentar dari pengguna Facebook
Bagikan ini ke temanmu :

Apa komentarmu ?

Tulis di sini

Alamat email akan disembunyikan. Terimakasih.


*