Kiamat 21 April 2015 ala Google

Ada apa dengan 21 April 2015 ?.
Hari Kartini ? hmmm, benar, tapi bukan itu.
Lalu ? 21 April 2015 adalah Mobilegeddon.
Walah, apa itu ? Itu artinya kiamat bagi situs-situs yang tampilannya tidak mobile friendly.

Ouch…

Menurut Zineb Ait Bahajji dari Google’s Webmaster Trends, algoritma mesin pencarian Google akan mempertimbangkan aspek “mobile friendly” dalam memberi peringkat hasil pencarian. Entah seberapa dahsyat efek yang akan ditimbulkan, tapi sedikit banyak tentu akan mempengaruhi peringkat hasil pencarian Google. Kalau sebuah situs memiliki peringkat hasil pencarian Google rendah, bisa jadi situs itu akan kiamat, alias jarang dikunjungi orang. Ya, istilahnya Mobilegeddon.

Keputusan ini diambil oleh Google setelah mempertimbangkan perilaku konsumen yang sudah berubah. Kini, diperkirakan lebih dari 60 % orang lebih suka mengakses internet melalui smartphone atau tablet dibanding laptop, apalagi desktop.

Silahkan cek di https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/ untuk tahu sebuah situs sudah mobile friendly atau belum.

Jika situs kamu belum mobile friendly, segera edit stylesheet kamu. Bingung bagaimana caranya ? silahkan tanya mbah Google… he… he… gampang kok, buktinya situs ini sudah mobile friendly.

Eniwei, sebenarnya kalau hanya sekedar mengejar mobile friendly sih ga susah, yang sulit itu justru mengejar tampilannya. Beberapa situs sudah mobile friendly, tapi pada saat diakses lewat smartphone, beberapa fiturnya tidak berfungsi (menu tidak tampil, bahkan beberapa justru terlihat simbol-simbol atau huruf kanji). Apalagi jika diakses menggunakan browser gagal Microsoft (Internet Explorer) atau browser irit (Opera Mini), beberapa situs terlihat berantakan.

Hmmm, bagaimana tampilan PoentjakWeg.com di smartphone kamu ? cantik kan ?

sumber : http://www.entrepreneur.com/article/244175

Komentar dari pengguna Facebook
Bagikan ini ke temanmu :

Apa komentarmu ?

Tulis di sini

Alamat email akan disembunyikan. Terimakasih.


*