Obat Tradisional Untuk Mengobati Batu Empedu

Batu empedu (kolelitiasis) merupakan batu (calculi) yang terbentuk dalam kantung empedu atau saluran empedu. Jika batu empedu menyumbat saluran empedu, maka akan menimbulkan peradangan kantung empedu yang disertai dengan rasa nyeri pada bagian atas kanan perut hingga menjalar ke punggung. Batu empedu terbentuk dari campuran antara kolesterol dan bilirubin atau campuran antara bilirubin dan kalsium.

Gejala yang dialami penderita diantaranya penyakit kuning, gangguan pencernaan, mual, muntah, sendawa, berkeringat, kedinginan, suhu badan agak tinggi serta feses berwarna cokelat. Penderita disarankan mengurangi makanan berlemak, daging kambing, daging babi, bumbu-bumbu yang merangsang, makanan berkadar gula tinggi, kol, sawi, lobak, mentimun, ubi, nangka, durian, minuman bersoda dan beralkohol.

Berikut ini resep obat tradisional untuk mengobati batu empedu.

Resep 1.

Bahan : 60 g daun kumis kucing segar, 7 tongkol jagung muda yang belum ada bijinya, 25 g kunyit.

Cuci bersih semua bahan, dipotong-potong, lalu direbus dalam 800 cc air hingga tersisa setengahnya. Saring. Minum 2 kali sehari.

Resep 2.

Bahan : 4 gelas jus apel, 1/2 gelas air lemon, 1/4 gelas minyak zaitun

Minum jus apel selama 5 hari. Pada hari keenam, berpuasa. Berbuka puasa dengan air putih yang ditambah dengan garam Inggris. Pukul 20.00, minum campuran air lemon dan minyak zaitun.

sumber :

Wijayakusuma, Hembing. 2008. Ramuan Lengkap Herbal Taklukkan Penyakit. Jakarta : Pustaka Bunda

Komentar dari pengguna Facebook
Bagikan ini ke temanmu :
Share

Apa komentarmu ?

Tulis di sini

Alamat email akan disembunyikan. Terimakasih.


*