Obat Tradisional Untuk Mengobati Demam Berdarah Dengue

Demam berdarah dengue (DBD) disebabkan oleh infeksi virus yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti pada pagi atau siang hari. Nyamuk ini berwarna hitam bergaris putih dan berkembangbiak di genangan air jernih. Penularan penyakit demam berdarah dengue dapat dikurangi dengan menjaga kebersihan lingkungan (3 M : menutup tempat air, menguras air, mengubur barangĀ  bekas yang dapat menampung air), melakukan pengasapan/fogging serta mencampurkan abate pada penampungan air.

Penderita demam berdarah dengue mengalami demam tinggi (39 – 40 C) selama 2 – 7 hari, kejang, sakit kepala, mual, nyeri di ulu hati, persendian dan otot, timbul bintik merah pada kulit. Sebaiknya penderita diberi minum air putih yang banyak serta dikompres dengan air es, lalu segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang intensif. Untuk mempercepat penyembuhan demam berdarah dengue, penderita diberi obat tradisional.

Bahan : 1 sendok teh angkak, 1 buah jambu biji merah yang matang, 7 butir angco/kurma tiongkok (angkak dan angco bisa dibeli di toko obat China)

Cara pembuatan : haluskan angkak, lalu diseduh dengan 100 cc air panas. Gunakan air seduhan tersebut untuk membuat jus jambu biji. Tambahkan angco. Minum 2 – 3 kali sehari.

sumber :

Wijayakusuma, Hembing. 2008. Ramuan Lengkap Herbal Taklukkan Penyakit. Jakarta : Pustaka Bunda

Komentar dari pengguna Facebook

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*