Obat Tradisional Untuk Mengobati Hepatitis

Hepatitis atau sakit kuning atau lever merupakan peradangan pada jaringan hati yang dapat menghancurkan sel-sel hati. Berdasarkan penyebabnya, penyakit ini dibedakan menjadi 2, yaitu hepatitis yang disebabkan oleh virus dan hepatitis yang disebabkan oleh non virus (obat-obatan, alkohol, bahan kimia lain).

Hepatitis yang disebabkan oleh virus dibagi menjadi 5, yaitu hepatitis A, B, C, D dan E. Hepatitis B merupakan bentuk jenis yang paling serius. Bila berlanjut, hepatitis dapat menyebabkan sirosis (pengerasan hati) dan kanker hati.

Penderita sakit kuning merasa cepat lelah, sakit kepala, tidak nafsu makan, gelisah, pegal di seluruh badan, mual, muntah dan demam. Selanjutnya, penderita akan mengalami fase kuning (ikterik) selama 1 – 2 minggu yang ditandai dengan urin berwarna kuning kehitaman, feses berwarna hitam kemerahan serta warna kekuningan pada bola mata, langit-langit mulut dan kulit.

Hepatitis bisa dicegah penularannya dengan mencuci tangan setelah buang air besar, tidak menggunakan alat makan/sikat gigi/jarum suntik bersama-sama, tidak konsumsi minuman beralkohol, hindari makanan berlemak dan mengandung gas, tidak melakukan seks bebas serta tidak memperkenankan penderita lever menjadi donor darah.

Bahan : 40 g temulawak segar, 15 g sambiloto kering, 60 g akar alang-alang

Cara pembuatan : cuci bersih semua bahan, rebus dengan 800 cc air hingga setengahnya, minum 2 kali sehari.

sumber :

Wijayakusuma, Hembing. 2008. Ramuan Lengkap Herbal Taklukkan Penyakit. Jakarta : Pustaka Bunda

Komentar dari pengguna Facebook
Bagikan ini ke temanmu :

Apa komentarmu ?

Tulis di sini

Alamat email akan disembunyikan. Terimakasih.


*