Pembangunan Waduk Cipayung & Sukamahi (Puncak) untuk Jakarta

Wacana pembangunan waduk di Puncak untuk mengurangi banjir di Jakarta sudah didengungkan sejak 15 tahun lalu. Rencana ini kembali santer digulirkan ketika Jokowi menjadi Gubernur DKI Jakarta. Kini, setelah Jokowi menjadi Presiden RI, rencana tersebut mulai direalisasikan.

Pembangunan waduk yang dimulai pada November 2016 dan direncanakan akan selesai pada Juni 2019 ini akan menelan anggaran Rp. 792 miliar untuk pembangunan waduk Cipayung dan Rp. 490 miliar untuk pembangunan waduk Sukamahi. Anggaran tersebut berasal dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Menurut Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane, Iskandar, lahan yang dialokasikan untuk pembangunan waduk Cipayung akan membentang di 3 desa di Kecamatan Megamendung (Cipayung, Gadog, Sukakarya) dan 1 desa di Kecamatan Cisarua (Kopo) seluas 82,42 hektar. Lahan tersebut akan digunakan untuk area konstruksi seluas 36,49 hektar, area genangan seluas 29,22 hektar, area green belt seluas 21,63 hektar, fasilitas umum seluas 0,88 hektar dan pembangunan jalan seluas 1,2 hektar. Waduk Cipayung diperkirakan akan mampu menampung air sejumlah 6,45 juta meter kubik. Adapun lahan yang dialokasikan untuk pembangunan waduk Sukamahi yang terletak di Kecamatan Megamendung (Gadog, Sukamahi, Sukakarya, Sukamaju) memiliki luas 49,82 hektar. Lahan tersebut akan digunakan untuk area konstruksi seluas 34,38 hektar, area genangan seluas 5,23 hektar, area green belt seluas 8,89 hektar, fasilitas umum seluas 0,88 hektar dan pembangunan jalan seluas 0,44 hektar. Waduk Sukamahi diperkirakan akan mampu menampung air sejumlah 1,74 juta meter kubik.

Waduk Cipayung akan menampung debit air dari 2 anak sungai Ciliwung, yaitu sungai Cisarua dan sungai Cibogo. Sementara waduk Sukamahi akan menampung debit air dari anak sungai Ciliwung yang lain, yaitu sungai Cisukabirus. Selain berfungsi untuk mengurangi banjir di Jakarta, pembangunan waduk ini juga berfungsi untuk konservasi lingkungan serta dapat digunakan sebagai obyek wisata baru di kawasan Puncak.

Komentar dari pengguna Facebook
Bagikan ini ke temanmu :
Foto Profil dari ngakunya admin
About ngakunya admin 19 Articles
admin itu ya admin

Apa komentarmu ?

Tulis di sini

Alamat email akan disembunyikan. Terimakasih.


*