William Tanuwijaya : Operator Warnet yang Sukses Membangun Mal Online Terbesar

Saat ini (setidaknya pada saat artikel ini ditulis), boleh jadi William Tanuwijaya adalah Mark Zuckerberg-nya Indonesia. Pria kelahiran Pematang Siantar, 11 November 1981 itu sukses membangun Tokopedia dan berhasil mendapatkan investasi dari Softbank & Sequoia Capital sebesar USD 100 juta. Angka terbesar sepanjang sejarah pembiayaan startup di Indonesia. Softbank merupakan investor terbesar Alibaba. Sementara Sequoia Capital adalah investor Google, Apple dan Yahoo.

William bukanlah anak dari keluarga kaya. Selepas SMU, ia dikirim oleh orang tuanya untuk kuliah di Universitas Bina Nusantara, Jakarta. Sepulang kuliah di Jurusan Teknik Informatika pada siang hari, ia bekerja sebagai operator warnet di malam hari demi mendapat uang saku.

Setelah lulus kuliah, William sempat berpindah-pindah kerja di beberapa perusahaan. Dari pengalaman kerja inilah, William memperoleh ide untuk membuat toko online yang menggunakan rekening bersama dalam bertransaksi, untuk mencegah penipuan. Sayang, ia terkendala dana.

Atas jasa atasannya di kantor, William diperkenalkan dengan orang-orang kaya. Tapi, lagi-lagi ia kecewa, orang-orang kaya itu tidak tertarik mendanai ide usahanya. William kesulitan mencari contoh orang Indonesia yang kaya dari usaha online. Ia juga menyadari latar belakang keluarga, pendidikan dan pengalamannya yang biasa saja.

Akhirnya, pada 2009, atasan William bersedia berinvestasi sebesar Rp 2,5 miliar untuk mendanai ide usahanya. Layanan Tokopedia.com pun diluncurkan untuk publik. Hingga pada Oktober 2014 lalu, Softbank & Sequoia Capital menginvestasikan dananya sebesar USD 100 juta (sekitar Rp. 1,2 Triliun). Kini, Tokopedia menjadi mall online terbesar di Indonesia dengan ratusan ribu merchant yang tergabung dan lebih dari 5 juta pengiriman per bulan dengan nilai transaksi mencapai milliaran rupiah.

Komentar dari pengguna Facebook
Bagikan ini ke temanmu :

2 Komentar

Tulis di sini

Alamat email akan disembunyikan. Terimakasih.


*